Sukulen masuk dalam daftar tanaman hias yang banyak diminati. Foto: iStockphoto/Aaron Hawkins Melakoni aktivitas bertanam atau budidaya tanaman hias jadi tren sebagian kalangan belakangan ini. Apalagi di tengah kampanye #dirumahaja dan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa daerah demi menekan penyebaran virus corona.

Alhasil merawat tanaman hias jadi hobi yang dipilih sebagian orang. Namun tak sekadar menebus kesenangan, ada pula yang menjadikan budidaya tanaman hias sebagai ladang bisnis baru. Sebelum memutuskan untuk ‘nyemplung’ bertanam, Anda juga perlu mencari tahu pelbagai jenis tanaman hias.

Beragam varietas tanaman hias mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Berikut 10 jenis tanaman hias negara tropis paling populer tahun ini dan banyak diminati oleh para kolektor tanaman hias.

1. Sukulen

Succulent atau sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini punya karakter memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air.

Kaktus, termasuk salah satu jenis yang masuk keluarga sukulen. Akhir-akhir ini, kaktus mini dalam pot juga jadi salah satu tren dengan nilai jual tinggi dan laku di pasaran.

Selain kaktus, jenis sukulen lain yang dapat dijadikan budidaya tanaman hias di antaranya echeveria, jade plant, stonecrop hingga aloe.

2. Monstera

Monstera yang merupakan tanaman asli hutan tropis Amerika bagian Tengah ini memiliki bentuk daun hijau tua yang khas. Coraknya yang apik dan estetik, cocok digunakan sebagai pemanis dekorasi ruangan indoor.

Tanaman hias monstera terdiri atas puluhan varietas. Dari sekian banyak jenis itu, ada satu varietas yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera deliciosa.

Di Indonesia, tanaman ini kerap dijuluki dengan sebutan ‘janda bolong’ dan dikenal sebagai salah satu tanaman hias terpopuler. Monstera juga memiliki daya tumbuh yang cepat, apalagi Monstera deliciosa borsigiana.

three. Philodendron micans

Jenis tanaman hias yang satu ini kerap dijadikan aksesoris yang digantung di beberapa sudut ruangan atau teras rumah. Karakteristik yang dimiliki Philodendron memiliki warna yang apik dengan bentuk daun yang khas. Tanaman hias yang satu ini memiliki lebih dari 500 spesies di seluruh dunia.

Tiap spesies punya keunikan tapi sekaligus kemiripan masing-masing. Contohnya untuk spesies Micans, sangat terkenal dengan karakteristik daunnya yang berwarna hijau ke arah marun.

four. Hoya

Tanaman hias yang satu ini punya karakter menyerupai bunga plastik. Tekstur bunganya yang kasar dan berkilau warna-warni membuat orang awam bertanya-tanya: Tanaman yang digantung di teras rumah itu tanaman sintetis atau asli, ya?

5. Wijaya Kusuma Kupu-kupu (Epiphyllum chrysocardium)

Tanaman hias satu ini juga punya nama lain, Selenicereus chrysocardium. Jenis tanaman ini termasuk dalam keluarga kaktus yang memiliki bentuk daun panjang, melengkung, dan rata.

Wijaya kusuma kupu-kupu dapat bertahan di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Sekalipun tak memiliki aroma khusus, tanaman ini menghasilkan bunga putih besar keemasan yang mekar dalam masa tertentu.

6. Earth star (Cryptanthus Red)

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk khas bintang dengan warna menyala yang memukau. Tak heran jika para kolektor tanaman hias mengincar tanaman dengan corak bak bintang laut tersebut.

Kendati demikian, jika Anda berniat menanam dan merawat tanaman hias ini, maka pastikan mereka mendapat asupan sinar matahari yang sangat cukup. Sebab warna tanaman ini akan memudar ketika cahaya matahari yang didapat pun minim.

7. Calathea black lipstick

Tanaman ini merupakan spesies Calathea yang asalnya dari Brazil bagian barat dan utara. Banyak kolektor yang mendambakan tanaman hias ini.

Daun Calathea black lipstick berwarna hijau gelap keunguan, bahkan hampir menyerupai warna hitam. Tanaman ini juga memiliki khas corak garis berkelir merah muda menyerupai coretan lipstik. Inilah yang, barangkali jadi salah satu daya tarik bagi sebagian penyuka tanaman hias. Calathea dikenal mampu tumbuh dan beradaptasi di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.

eight. Begonia

Begonia merupakan genus dari keluarga tanaman berbunga Begoniaceae. Tanaman hias ini memiliki karakteristik tidak ‘rewel’ dan mudah sekali tumbuh. Begonia memiliki warna kembang yang memikat dan cocok tumbuh di daerah beriklim tropis.

Di Indonesia, Anda dapat menikmati keindahan tanaman ini salah satunya misal, dengan berkunjung ke Kebun Begonia di Lembang, Jawa Barat.

9. Lidah mertua (Sansevieria)

Tanaman hias yang dikenal dengan nama latin Sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis asal Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh.

Lidah mertua kerap dijadikan dekorasi indoor karena diyakini punya banyak fungsi, mulai dari menyembuhkan sakit kepala hingga menangkal radiasi barang-barang elektronik.

10. Sri rejeki (Aglaonema)

Tanaman sri rejeki atau Aglaonema merupakan salah satu tanaman paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai nama harfiahnya, tanaman ini dipercaya memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki.

Bahkan, tanaman yang satu ini menjadi salah satu flora yang ditetapkan oleh NASA sebagai tanaman yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga, seperti formaldehida dan benzena di udara.cnni/ron