10 Tanaman Hias Ini Lagi Hits Di Tahun 2020 Loh

Jakarta – Ternyata nggak cuma fashion, mannequin rambut, atau gaya makeup yang sering berubah trennya, guys. Tanaman hias pun juga punya masa populernya masing-masing.

Sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, mengoleksi dan merawat tanaman hias, saat ini jadi favorit banyak orang.

Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk di rumah saja, menjadi salah satu faktor yang bikin hobi bertanam tanaman hias kembali populer.

Selain sebagai hiasan rumah yang mempercantik tampilan tempat tinggal, tanaman hias juga dapat membuat rumah jadi adem dan asri. Sejumlah tanaman hias pun kerap dipilih untuk menyegarkan suasana.

Berikut sederet tanaman hias yang lagi hits di tahun ini, guys.

1. Philodendron Micans

Sumber:

Philodendron adalah tanaman yang memiliki banyak spesies. Untuk spesies Micans sendiri, warna daunnya hijau dengan sentuhan marun. Tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik ini, banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan.

2. Opuntia Monacantha Variegata

Sumber:

Tanaman ini juga dikenal dengan nama Sukulen Pelangi dan merupakan keluarga kaktus. Keunikan dari tanaman ini adalah pada tunasnya yang berbentuk seperti bintik-bintik berwarna merah muda.

Warna pink dari tunasnya berpadu dengan warna hijau muda dari batangnya, membuat tanaman yang juga disebut kaktus mini ini, banyak diminati.

three. Monstera

Sumber:

Tanaman yang satu ini lebih dikenal dengan nama ‘Janda Bolong’. Nama tersebut sesuai dengan bentuk unik dari daunnya yang berlubang-lubang.

Monstera bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga a hundred thirty meter. Selain itu, tanaman hias asal Amerika Tengah ini bisa menembus harga hingga puluhan juta rupiah, loh!

four. Hoya

Sumber:

Tanaman Hoya, banyak ditemukan di wilayah Asia seperti Filipina, Thailand, India, Malaysia, Vietnam, dan juga Indonesia. Tanaman yang tumbuh merambat ini bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter.

Yang membuatnya unik adalah bunganya yang berbentuk seperti bintang dan terlihat seperti bunga dari porselen. Selain itu, daunnya memiliki bulu-bulu halus dan berkilau seperti dilapisi lilin. Bunga dari tanaman Hoya juga sangat harum sehingga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan.

5. Epiphyllum Chrysocardium

Sumber: Instagram @lusciamawarni

Tanaman ini juga dikenal dengan nama Wijaya Kusuma. Bunganya yang besar berwarna putih dengan benang sari emas, akan tampak sangat cantik ketika mekar. Sayangnya, bunganya hanya mekar di masa-masa tertentu, namun aromanya sangat harum.

6. Cryptanthus Red

Sumber:

Dengan bentuk menyerupai bintang laut berwarna merah, tanaman ini akan tampak unik dan mencolok sebagai hiasan di dalam rumah.

Meski cocok sebagai hiasan indoor, tanaman ini mesti mendapatkan sinar matahari cukup, agar warna merahnya tetap tampak cerah.

7. Calathea Black Lipstick

Sumber: [email protected]@galerihijauku25

Sesuai dengan namanya, Calathea jenis yang satu ini memiliki keunikan pada warna daunnya. Daunnya berwarna hijau gelap keunguan, hampir menyerupai warna hitam. Selain itu, terdapat corak garis berwarna merah muda yang cantik.

eight. Begonia

Sumber:

Keunikan dari Begonia adalah pada bentuk daunnya yang tidak simetris. Selain itu, bunganya yang berwarna merah cerah akan terlihat sangat cantik.

Sebenarnya, tanaman ini adalah tanaman liar yang banyak ditemukan di negara tropis. Kini, tanaman ini banyak dikoleksi sebagai hiasan di dalam rumah.

9. Aglonema

Sumber:

Tanaman yang banyak dikenal dengan nama Sri Rejeki ini, memiliki banyak variasi warna daun. Aglonema termasuk tanaman hias yang nggak bikin repot, karena mudah tumbuh dan berkembang dalam kondisi apapun. Jadi, tanaman ini cocok buat para pemula di hobi bertanam.

10. Sansevieria

Sumber:

Tanaman yang juga populer dengan nama ‘Lidah Mertua’ ini, tak hanya cantik sebagai hiasan, namun juga mudah perawatannya.

Selain sebagai hiasan, tanaman ini juga memiliki segudang manfaat loh, seperti membersihkan udara dari polusi, sebagai aroma terapi, dan juga menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya.

Nah, gimana guys? Tertarik untuk bertanam dan mengoleksi tanaman hias?