Tipes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja terlebih anak kecil. Hal ini dikarenakan anak-anak masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang lengkap. Di Indonesia sendiri, penyakit satu ini merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak jarang ditemukan di berbagai pelosoknya. Bahkan terdapat lebih dari 100.000 orang yang terjangkit penyakit tipes setiap tahunnya di negeri ini. Hal ini dapat terjadi karena penyakit satu ini dapat menular dengan daya tular yang sangat tinggi, terlebih pada kawasan negara berkembang. Karena saluran air yang baik serta sanitasi yang baik merupakakan salah satu faktor yang mendukung untuk mncegah merebaknya penyakit ini. Tipes atau tifus disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri Salmonella typhii. Secara umum penyakit tipes banyak menular melalui makanan ataupun air yang terkontaminasi.  Terdapat beberapa kasus komplikasi atau kematian yang diakibatkan oleh penangan yang kurang baik. Komplikasi sendiri akan terjadi juka bakteri enyebab tifus mulai menyerang usus atau pencernaan sehingga menyebabkan pendarahan internal hingga terbentuknya lubang pada usus. Untuk komplikasi yang parah, bakteri ini bisa menyebabkan terjadinya radang selaput jantung, radang otot jantung, radang pankreas, radang paru-paru, hingga infeksi ginjal.

Mengetahui akibat yang bisa disebabkan oleh penanganan yang telambat dan buruk, Anda harus mengetahui beberapa tanda gejala tipes berikut ini agar bisa mendapatkan penanganan lebih dini.

1. Demam

Demam merupakan salah satu tanda yang paling sering dirasakan oleh penderita tipes. Penderita bisa memiliki suhu tubuh 39 hingga 40 derajat celcius dan bisa tambah naik dan naik lagi. Hal ini biasanya membuat penderita tidak bisa memedakan apakan ia sedang mengalami demam biasa ataukan tipes. Namun, pada penderita tipes, mereka biasanya mengalami demam dengan diikuti oleh lemas, sakit kepala, hingga menggigil.

2. Muntah

Salah satu ciri lainnya yang biasanya dirasakan oleh penderita tipes adalah rasa mual dan mengalami muntah. Akibat muntah penderita akan mengalami kondisi dimana tubuh terasa lemas dan rasanya hanya ingin berbaring.

3. Ruam merah

Pada beberapa penderita tipes, mereka biasanya memiliki beberapa ruam merah. Tanda gejala tipes ini tampak sama dengan gejala demam berdarah. Karena kedua-duanya dapat beresiko lebih buruk lagi, anda harus memastikannya dengan periksa ke dokter.

4. Batuk Kering

Biasanya pada minggu-minggu awal, seserang yang terkena tipes akan mengalami batuk kering. Dalam hal ini, penderita harus rajin-rajin meminum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau berkurangnya cairan dalam tubuh.

5. Nafsu makan yang berkurang

Orang yang terjangkit penyakit tipes akan mengalami kondisi dimana dia tidak bernafsu makan. Hilangnya nafsu makan yang dialami oleh penderita tipes ini harus dilawan agar tubuh mendapatkan suplai dan kekebalan tubuh tetap terjaga. Dalam hal ini, beberapa makanan yang dikonsumsi sebaiknya berupa sayur-sayuran, jus, serta ait putih yang banyak.

6. Warna lidah

Warna lidah bisa menjadi penentu tanda gejala tipes. Pada umumnya, seseorang yang mengalami penyakit tipes memiliki lidah yang berwana putih dengan pinggiran berwarna putih dan lidahnya akan gemetar (tremor) saat ia menjulurkannya.

7. Diare

Orang dengan penyakit tipes niasanya memiliki permasalahan juga pada pencernaannya. Karena tipes juga dapat berdampak pada saluran pencernaam dengan berupa diare dan konstipasi (sembelit). Jika mengalami gejala diare dengan disertai beberapa gejala tipes lainnya seperti ruam, demam, ataupun lidah yang memutih, maka segera periksakan ke dokter yang berpengalaman.