Memiliki mobil bukan hanya enak dalam hal penggunaan saja, namun kita harus wajib tahu mengenai bagaimana proses perawatan standar pada mobil baik perawatan ringan, berkala sampai dengan perawatan musiman.

Dengan demikian, mobil yang sudah anda beli dengan harga mahal sampai ratusan juga misalkan akan tetap dalam performa terbaik dan tahan lama baik dari sisi performa mesin yang masih bagus sampai dengan kondisi body yang tetap kinclong.

Ini juga akan berpengaruh pada kenyamana pengguna, kemudian juga dari sisi harga misalkan kalau anda ingin menjual lagi maka harganya bisalah tidak terlalu anjlok karena memang kondisi mobil masih sangat baik.

Salah satu mobil yang sangat populer belakangan ini dari keluaran Toyota yakni Agya. Jika anda ingin melakukan perawatan berkala misalkan kami sarankan anda langsung saja ke dealer toyota terdekat dimana mereka memiliki peralatan yang memadai dalam mendeteksi kerusakan atau kondisi part pada mobil anda yang kurang baik.

Toyota Agya adalah salah satu jenis mobil dengan penggunaan teknologi modern yakni Model low cost green car atau yang bisa dikenal dengan istilah (LCGC).

Keunggulan mobil dengan teknologi ini dari sisi kenyamanan, kemanan dan tentu saja dari sisi penggunaan bahan bakar akan sangat irit sekali.

Jika kamu ingin mencoba keluaran terbaru dari semua type mobil Toyota dengan  teknologi ini selain Agya maka bisa cek langsung saja ke showroom toyota terdekat di kota anda.

Maka dari itu, dalam merawat Mobil Agya kesayangan anda jika sudah masuk waktunya dan belum tahu nih kira kira berapa bajed yang harus anda siapkan. Yuk simak dalam ulasan lengkap dibawah ini guys.

Servis Berkala Toyoa Agya

Ini yang penting sekali, service berkala ini sendiri akan wajib sahabat lakukan meskipun memang mobil jarang digunakan. Karena ada dua indikator yang digunakan sekarang yang pertama adalah dari spedometer, dan yang kedua dari masa pakai kendaraan.

Maka mana saja yang duluan mencapai masa terdekat sudah bisa anda lakukan service berkala di bengkel toyota terdekat.

Adapun beberapa mekanisma service berkala yang harus anda pahami sebagai berikut:

  • Pengecekan pertama akan dilakukan di dealer ketika kilometer sudah sampai pada angka 1.000 km
  • Kemudian service selanjutnya nanti akan anda lakukan ketika angka pada spedometer sudah mencapai angka 10.000 km.
  • Kemudian nanti anda akan melakukan service lagi nih setelah mencapai kilometer 50.000 dimana dalam pembelian unit baru biasanya pihak Toyota dari layanan service berkala ini di berikan free alias geratis sedangkan dalam hal kalau ada pergantian part part kecil baru deh anda mengeluarkan uang.

Menghitung Biaya Servis Toyota Agya

Oke sekarang kita coba mulai hitung rincian biaya service ya, masih tergolong murah sih sebenarnya. Secara rinci akan kami jabarkan dibawah ini.

Dalam kebutuhan penggantian suku cadang seperti oli, dari varian baik 1,0 dan 1,2 liter pada Toyota Agya sendiri mengahbiskan dana kurang lebih 270 ribu dan ditambah 25 ribu sebagai biaya filter olinya.

Kemudian dengan type lebih tinggi yang 1,2 liter harganya memang lebih mahal sampai dengan 370an ribu untuk jumlah 4 liter oli dengan tambahan filter 25 ribu. Biasanya beda bengkel harganya akan berbeda juga.

Adapun beberapa suku cadang yang biasanya mengalami penggantian sebagai berikut:

  • Penggantian kampas rem perkiraan harga sekitar 450 ribu
  • Penggantian minyak rem harga cuman 50 ribu
  • Kemudian oli mesin harga perliternya 90 ribu dimana agya butuh 3 sampai dengan 4 liter
  • Filter Oli harga rata rata 27.000, kemudian ada filter udara harganya 70 ribuan, belt 60 ribuan kemudian busi 30 ribu, gasket 9 ribu dan tentu saja harga service berkala juga harus anda bayar.

Jadi kalau di total masih kuranglah 1 juta dalam biaya perawatan berkala Toyota Agya ini. Dimana harga yang kami berikan kepada anda bisa saja berbeda dengan bengkel dimana anda tinggal tapi  tidak akan jauh berbeda.