Jualan mainan anak merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan.  Jika dilihat lebih lanjut itu semua dikarenakan secara alami mainan dan anak-anak merupakan hal yang tidak mungkin untuk berpisah.

Dalam tahap perkembangan anak memang tidak bisa dijauhkan dari mainan. Maka dari itu, dilihat dari perkembangannya ragam jenis serta harga dari mainan anak makin hari kian variatif. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi salah satu modal kunci dalam menjalankan bisnis mainan anak yang menguntungkan.

Beberapa Tips Bisnis Jualan Mainan Anak Yang Wajib Ditiru

Jika tertarik menjalan bisnis mainan anak, tentu saja ada kiat kita tertentu yang harus dijalankan dengan baik dan benar. Karena sama halnya dengan menjalankan bisnis lainnya, walaupun terdengar sepele, nyatanya jualan mainan anak harus disertai dengan pengelolaan yang tepat.

Selain itu juga harus benar-benar menguasai teknik dalam mengelola bisnis mainan anak. Berikut beberapa tips menjalan bisnis mainan anak.

1. Menyiapkan Modal untuk Keperluan Bisnis

Sama halnya dengan mengelola bisnis lainnya, modal merupakan salah satu kunci dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha yang ingin melebarkan sayap dalam industri. Kaitannya modal ini dengan mainan anak adalah agar Anda bisa membeli produk produk mainan anak dalam jumlah banyak dan sesuai tren.

Modal yang diperlukan pun bisa besar maupun kecil, itu semua tergantung dari jenis serta ragam kreatif dari mainan  anak tersebut.

Jika ingin mempunyai beragam mainan anak, tentunya harus memiliki modal yang cukup besar. Namun jika terfokus pada jenis mainan tertentu maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Saat melakukan bisnis mainan anak, siapa saja dapat menjalankan bisnis tersebut. Tergantung dari cara pengelolaannya. Dewasa ini hampir remaja-remaja sudah mulai menggeluti bisnis mainan anak.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, kebanyakan bisa meraup sukses dan berhasil. Hal tersebut juga berdasarkan dari sistem kelolaan manajemen modal yang dilakukan.

2. Menerapkan Harga yang Kompetitif

Kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis apapun adalah dengan adanya penetapan harga yang bervariatif namun kompetitif dan bersaing di kelasnya. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah dengan membeli barang dengan harga yang relatif murah namun menjualnya dengan harga yang kompetitif.

Dengan langkah tersebut tentu saja keuntungan bisnis dapat diperoleh dengan maksimal. Hingga saat ini penerapan metode seperti hal tersebut telah banyak dilakukan oleh banyak pengusaha. Untuk bisnis jualan mainan anakpun dapat diterapkan tentunya dengan langkah-langkah yang tepat sasaran.

3. Melakukan Promosi dengan Target Market yang Tepat

Dalam melakukan promosi tentunya harus dengan langkah serta cara yang menarik, namun jangan melupakan untuk siapa produk yang akan dijual. Menjual mainan anak, artinya dalam proses promosinya harus sesuai dengan jenis dan produk apa yang akan dijual.

Target promosi yang tepat juga harus disertai dengan promosi yang menarik. Jangan melakukan promosi produk dengan cara yang monoton karena hal tersebut bisa memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kelangsungan usaha. Jual mainan anak maka promosinya harus sesuai dengan umur anak anak.

Misalnya saja dengan ragam kartun serta karakter  karakter lucu yang bisa membangkitkan minat anak anak untuk membeli mainan tersebut.

Selain itu trik berpromosi dengan buy 2 get 1 bisa menjadi cara lainnya untuk mendapatkan keuntungan, dengan begitu akan banyak yang tertarik untuk membelinya. Langkah-langkah semacam ini memang telah menjadi rahasia umum bagi setiap pegiat bisnis.

Tak heran jika dengan langkah seperti itu kesuksesan bisa didapatkan dengan segera. Namun saat melakukan promosi jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan pasar lainnya, atau produk lainnya. Selain itu juga harus memperhatikan kapasitas toko, jangan sampai profit nya hanya cukup sebagai modal saja.

4. Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi bisa menjadi salah satu poin agar dagangan cepat laris, termasuk dalam bisnis mainan anak. Tempat yang Anda pilih harus strategis dan lingkungan penuh dengan anak-anak.

Jika tidak atau kesulitan menemukan lokasi yang strategis, langkah selanjutnya adalah dengan membuat banner atau papan pengumuman yang menunjukkan lokasi berjualan. Papan atau banner tersebut haruslah dipasang ditempat-tempat strategis, yaitu tempat dimana semua orang bisa melihat dengan jelas.

Jika seseorang melihat banner atau reklame tersebut nantinya tempat berjualan tersebut tentu saja akan ramai oleh pengunjung.

Cara lainnya adalah dengan memasarkan produk mainan ke toko online untuk  menjangkau konsumen lebih banyak. Sudah banyak penjul mainan yang sukses karena menjual mainan di toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee.

5. Selalu Melakukan Evaluasi Produk

Dalam melakukan praktik usaha, hal yang harus dipastikan atau dicatat secara berkala adalah produk mainan apa saja yang paling laku dijual.

Setelah mengetahui produk mainan yang paling laku terjual, maka hal selanjutnya adalah dengan membuat stok yang lebih laku sedikit lebih banyak.

Langkah ini harus diambil guna menghindari out of stock. Karena dengan adanya out of stock tentu  bisa membuat kecewa konsumen yang dating. Melakukan evaluasi juga artinya adalah bisa melakukan manajemen modal yang akan digunakan dalam membeli produk atau melakukan penyetokan.

6. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Melakukan pencatatan aktifitas uang keluar dan uang masuk wajib dilakukan pada bisnis apapun, termasuk jika Anda memilih untuk jualan mainan anak.

Dengan mencatata pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis, Anda bisa dengan mudah memastikan keuntungan bisnis dan perencanaan pengembangan usaha kedepannya.

Tidak hanya itu, pencatatan melalui pembukuan yang benar juga akan membuat Anda mendapatkan informasi usaha secara menyeluruh sehingga Anda bisa mengetahui pos mana yang mengalami pemborosan atau pos mana yang bisa diimprovisasi untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi dan proses pembukuan.

7. Memanfaatkan Momen Hari Tertentu

Momen hari raya atau libur nasional tentu saja akan ada banyak anak-anak yang mudik atau sedang menjalankan liburan.

Salah satu trik yang wajib dipraktekkan adalah dengan melakukan promosi besar besaran bertepatan dengan adanya momentum hari libur nasional. Di hari hari tersebut tentu saja akan ada peningkatan penjualan yang bisa memberikan keuntungan lebih.

8. Menjual Mainan Anak yang Paling Banyak Diminati

Sama halnya dengan evaluasi produk, trik yang satu ini dilaksanakan dengan melakukan pembandingan ke toko lainnya untuk mengetahui mainan apa yang sedang laku keras. Dengan mengetahui mainan yang tengah booming atau istilahnya sedang laku maka harus berupaya untuk juga menyediakan produk tersebut.

Menjual mainan anak bisa diterapkan dengan prosedur yang tepat, karena hal tersebut bisa membangkitkan daya jual dan menambah keuntungan yang lebih maksimal.

Jika dilihat, banyak sekali variatif mainan anak yang bisa didapatkan. Intinya ada beberapa mainan yang harus menjadi prioritas dan mainan lainnya sebagai mainan penunjang. Jadi pastikan Anda memperhatikan tren yang terjadi secara seksama.

9. Memberikan Kategori Mainan Anak

Dalam menjual mainan anak tentu saja harus ada kategori usia yang diberikan, sehingga tidak hanya berkutat pada usia tertentu saja. Dengan cara yang satu ini maka jika ada anak-anak yang datang, mereka bisa memilih mainan yang diinginkan sesuai dengan usia anak tersebut.

Langkah semacam ini memang sangat diperlukan untuk keberlanjutan dari bisnis mainan anak. Walaupun yang datang umurnya berbeda-beda namun dengan menyediakan mainan anak sesuai dengan usianya bisa membuat pengunjung toko mainan betah dan dapat memilih sesuai dengan usianya.

Bahkan saat ini banyak orang dewasa yang membeli mainan anak seperti action figure dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini juga bisa Anda jadikan sebagai target pasar Anda

10. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Setiap Pengunjung

Sama halnya dengan usaha lainnya, dalam usaha jualan mainan anak maka harus memberikan pelayanan yang terbaik pula. Dengan adanya pelayanan yang maksimal maka dipastikan setiap pengunjung yang hadir akan merasa betah. Dengan begitu akan ada feedback yang diberikan.

Kesimpulan

Jualan mainan anak memang menjadi salah satu bisnis yang pastinya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Peminatnya juga semakin banyak, maka bisnis mainan anak juga bisa menjadi salah satu bisnis yang bersifat berkelanjutan. Yang tidak boleh dilupakan adalah selalu melakukan evaluasi, selalu sigap dalam menjalankan bisnis dan melakukan pembukuan untuk pemantauan keuntungan usaha secara menyeluruh.

Untuk kemudahan proses pembukuan, pemantauan stok, pengelolaan multi gudang hingga otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: