Daun pegagan merupakan tanaman liar yang mudah sekali kita temukan sebab tanaman tersebut tumbuh di ladang, tepi jalan, sawah, serta perkebunan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama daun antanan atau daun kaki kuda. Bukan hanya itu, daun pegagan juga termasuk sebagai tanaman herbal loh. Sebab, manfaat yang diperoleh dari daunnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Banyak juga orang yang menggunakan tanaman tersebut sebagai obat tradisional.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari daun pegagan. Jika anda belum mengetahuinya, maka artikel ini tepat untuk anda. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat daun pegagan bagi kesehatan, untuk itu langsung saja disimak yaa.

  1. Membantu meredakan sakit pada persendian

Manfaat daun pegagan yang pertama yaitu dapat membantu mengatasi peradangan pada beberapa sendi. Biasanya sakit pada sendi tersebut menjadi sulit digerakkan dan menjadi kaku. Tetapi, kandungan anti radang yang terdapat pada daun ini mampu mengatasinya. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang pernah dilakukan pada tikus laboratorium. Kandungan antioksidan yang dimiliki pada daun pegagan juga baik untuk imunitas tubuh kita.

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan telah digunakan untuk penyembuhan luka ringan sejak zaman dahulu. Daun iniĀ  memiliki kandungan yang memang berkhasiat untuk menyembuhkan luka, jadi anda dapat menggunakannya dengan aman karena hal tersebut juga sudah diakui secara medis. Luka bakar yang terjadi juga dapat disembuhkan dengan menggunakan daun pegagan yang dijadikan salep herbal karena kandungan daunnya terdapat zat antibakteri.

  1. Menyamarkan stretch mark

Apa itu stretch mark? Stretch mark merupakan guratan pada kulit yang biasanya ada di bagian perut dan paha. Para wanita yang habis melahirkan biasanya muncul stretch mark yang terkadang terganggu oleh hal itu. Namun, tidak perlu khawatir karena daun pegangan mampu menyamarkan guratan tersebut. Kandungan senyawanya mampu membuat kolagen serta menyamarkan dan mencegah stretch mark.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian mampu membuktikan bahwa daun pegangan dapat meningkan fungsi otak. Hal ini bahkan mengalahkan fungsi asam folfat yang dipercaya mampu mengembalikan ingatan seseorang yang terkena penyakit stroke.

  1. Mengurangi kecemasan dan depresi

Seringkali dari kita mengalami rasa cemas dan depresi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat kita redakan dengan mengkonsumsi ektrak daun pegangan atau pegagan dari genus apiaceae (gotu kola). Manfaat lain dari daun pegagan diantaranya dapat menjadi obat pengganti anti depresi, mengatasi gangguan kecemasan, mengatasi gangguan depresi dan lain-lain.

  1. Membantu menghilangkan jerawat

Bukan hanya untuk kesehatan saja, daun pegagan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan wajah kita. Kulit menjadi lebih sehat karena produksi kolagen yang meningkat pada daun tersebut. Selain itu, kandungan anti bakteri dan anti inflamasi yang ada pada daun pegagan dapat meredakan radang pada jerawat.

Agar hasilnya maksimal pada kesehatan tubuh, tentu dalam penggunaannya perlu mengikuti anjuran yang telah tersedia dan sabar pada proses yang dijalani. Selamat mencoba dan semoga kita sehat selalu ya.